Senin, 11 Agustus 2014

Buah dan sayur mengurangi risiko penyakit jantung

Buah dan sayur mengurangi risiko penyakit jantung - Buah dan sayur yang baik untuk dikonsumsi bukanlah hal yang baru bagi kita. Mengonsumsi buah dan sayur dipercaya dapat membantu proses diet yang sedang dilakukan oleh seseorang. Nyatanya, manfaat konsumsi buah dan sayur tak berhenti sampai di situ.

Yang baru diketahui adalah penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan jika semakin banyak buah dan sayur yang dimakan oleh seseorang, akan semakin berkurang kemungkinan mereka mendapatkan risiko penyakit jantung atau kematian.

Buah dan sayur mengurangi risiko penyakit jantung
Buah dan sayur mengurangi risiko penyakit jantung
dr. Frank B.Hu seorang pakar diet dari departemen nutrisi dan epidemiologi, Harvrd School Public Healyh, Boston menjelaskan, "untuk mendapatkan efek perlindungan dari buah dan sayur, kita harus mengonsumsi lima porsi per hari," ujarnya, seperti dikutip dari Reuters, Senin (11/8/2014).

Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis 800.000 orang yang berada di Amerika, Asia, dan Eropa selama empat tahun. 

Dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsi buah atau sayuran, mereka yang memakan satu porsi buah atau sayur per hari berkurang risiko kematiannya sebanyak 5%. Lalu, setiap tambahan porsi lagi, risiko dari kematian ini akan berkurang terus sebanyak 5%.

Risiko kematian karena penyakit jantung berkurang dengan bertambahnya konsumsi buah dan sayur. Tapi, risiko kematian karena kanker belum terlihat perubahannya. 

Penelitian ini dilakukan dengan melihat usia seseorang, massa otot, konsumsi rokok dan alkohol, yang merupakan penyebab dari risiko kematian karena penyakit jantung dan penyakit lainnya.

"Penelitian Lyon Diet Heart Study dan PREDIMED menunjukan reduksi yang signifikan pada kerdiovaskular karena pola diet Mediteranian yang mengonsumsi banyak buah dan sayur," ujar Wei Bao, dokter dari Eunice Kennedy Shriver National Institute of Child Health adn HUman Development di National Institutes of Health in Rockville, Maryland.

"Vitamin, mineral, serat, dan phytochemicals yang terdapat dalam buah dan sayur bisa meningkatkan tekanan darah dan menurunkan resiten insulin dan inflamasi kronis," jelas Hu. 

"Memakan lebih dari lima porsi sehari mungkin bisa menawarkan keuntungan lain, seperti risiko stroke. Walaupun ini belum terbukti, tidak ada salahnya mencoba diet dengan mengonsumsi buah dan sayur," tutup Hu.